Thursday, December 11, 2003

WAJAH TARBIYAH DI TV KITA



Waktu menunjukkan pukul 5 pagi lewat 15 menit. Selepas Shubuh bagi ini, kusempatkan melihat tayangan berbagai program yang dipancarkan puluhan TV diruang preview. Saat-saat seperti ini biasanya mereka memberikan tayangan yang seragam dan sehat, acara kerohanian agama Islam. Sebagian TV menayangkan talk show, seorang presenter dengan seseorang atau beberapa orang nara sumber.

Format acaranya sama, tetapi ada beberapa persamaan lagi yang terlihat. Presenternya semua adalah orang-orang yang terjalin dalam ikatan tarbiyah, ada Tedy Snada di Trans TV yang membahas tentang Keesaan Allah, ada Bang Igo Ilham di Indosiar yang membahas ketakwaan dan Afwan "Izis" Riyadi di SCTV yang berbincang-bincang soal Infaq.

Sudah banyak senior-senior yang mendahului mereka sebelumnya, dengan menjadi nara sumber. Kini generasi mudanya mulai mendapat kepercayaan menjadi tv hostnya. Alangkah sejuknya jikalau TV kita 24 jam diisi oleh orang-orang seperti mereka. Insya Allah dengan ikhtiar dan tawakal yang tak kenal putus asa, proses itu akan terus membuahkan hasil, mewarnai media terkuat yang mampu mengubah perilaku umat.

(Jangan pernah patah semangat untuk teman-teman di TVIV)

No comments: