Tuesday, December 02, 2003

PARADE MUDIK



Berbeda dengan tahun lalu, kali ini kantor memberikan izin cuti buat mudik Lebaran. Sudah menjadi rutinitas in my familia, mudik selalu pakai mobil keluarga, dari zamannya pakai mobil Carry , panas, tanpa ac, dan bunyinya yang cketer..cketer...Kemudian ganti pakai Expass yang bemper belakangnya tahun lalu sempat disondol Bus. Dan sekarang sebuah Kijang Metalik full ac, full music, menjadi kendaraan keluarga favorit tahun ini.

Kami mudik selalu hanya berenam, kedua orangtuaku dan ketiga adik-adikku. Kalau soal urusan pulang kampung, my father paling egois. Ia paling ngak mau diganggu dengan bawaan lain, meskipun adik sepupuku sendiri. Alasannya, ia mau anak-anaknya santai, ngak diganggu suara rewel anak kecil, apalagi yang susah diatur. Padahal dia sendiri yang ngak mau pusing diganggu suara-suara ribut saat nyetir mobil.

Kalau masalah nyopir, my father paling jago. Soalnya dia dulu mantan supir taxi yang pernah ikut rally di Way Kambas..(hi.hi ketahuan), terus berlanjut jadi supir kantor asing, sampai akhirnya punya armada penyewaan mobil sendiri. Sebagai navigatornya, sudah pasti my mom, yang jago packing, mulai dari dari ketupat lebaran sampai kratingdaeng ngak pernah ketinggalan tertata rapi didalam bagasi. Walhasil, sepanjang perjalanan kita semua ngak pernah kelaparan, masih bisa menikmati lezatnya sayur ketupat lebaran.

My 2 lovely sisters sudah pasti menempati kursi bagian tengah, komplit dengan selimut panjang hangatnya, jaket mereka masing-masing plus bantal kesayangan. Berangkat dengan semangat pulang kampung, sembil menikmati pemandangan, meskipun yang ada mereka hanya terlelap sepanjang jalan.

My youngest brother dan aku sendiri menempati kursi paling belakang,tempat paling strategis kalau kami mau adu tinju atau gulat-gulatan. Atau mau ngusilin saudari-saudari kami yang duduk didepan.

Jam 12 malam kami berangkat, tak lupa my father memimpin do'a keberangkatan...
ucapan terima kasih karena kami masih diizinkan menikmati mudik bersama tahun ini...
ucapan terima kasih karena Ia masih mengizinkan kebersamaan kami di Idul Fitri ini...

(Thank You Allah for Your loving on my family...)

No comments: