Tuesday, December 09, 2003

AMALAN RINGAN YANG DAPAT MENYENTUH HATI



Kemarin bertukar bacaan dengan seorang akhwat teman lama, Ratna Dewi. Sama-sama jadi pengurus OSIS waktu SMP, dan kini jalinan dakwah melalui DPRa PKS Pekayon telah mempertemukan kami kembali. Darinya kupinjam sebuah buku kecil sederhana berjudul "Sentuhan Hati Penyeru Dakwah" yang ditulis oleh Abbas As-Sisi, dan benar-benar menyentuh hati. Ternyata amalan ringanpun dapat menyentuh hati seseorang untuk berubah menjadi lebih baik, yang dibutuhkan hanya keikhlasan dan kesabaran.

Beberapa Kiat menciptakan Sentuhan Hati:

Menghafal Nama

Langkah pertama yang akan mengikat hati. Semua orang senang bila dipanggil dengan namanya atau nama yang paling ia sukai. Ia adalah tali penghimpun janji kecintaan yang dapat mengikat kembali hati-hati manusia manakala mereka berpisah.

Imam Hasan Al-Banna menyalami para pandu dengan menyebut nama mereka satu persatu. Ketika ditanya tentang hal itu, Al-Banna menjelaskan: "Dahulu, ketika saya menandatangani kaatu kepanduan setiap Al-Akh, saya hafal nama dan foto mereka."

Senyum itu shadaqah

Rasulullah SAW mengingatkan kita akan hal ini, Beliau bersabda:

"Kalian tidak dapat membahagiakan manusia dengan harta, akan tetapi mereka akan gembira dengan wajah kalian yang cerah dan akhlak yang baik."

Baris paling agung yang ada pada catatan lembar-lembar kejayaan dan keabadian Islam adalah anjuran untuk merangkul saudara anda dengan senyum yang ikhlas. Tataplah ia, jalin pertemanan yang baik, dengan perkataan lemah lembut. Sesungguhnya pengaruh sebuah kalimat yang baik itu sukar terhapus.

Berpenampilan Baik

Kebersihan serta kerapihan pakaian seorang da'i adalah ungkapan jiwanya bagi semua orang yang melihat dan menjadi objek dakwahnya. Dakwah adalah aktifitas penyampaian risalah dan prinsip, yang dilakukan oleh seseorang yang memiliki kharisma dalam akhlak, perilaku dan penampilannya. Hasan Al-Banna pernah mengatakan:

" Misi utama saya bukan untuk mengarang buku. Karena sebuah buku boleh jadi hanya diletakkan diperpustakaan dan sedikit saja orang yang membacanya. Tapi pribadi seorang Al-Akh Muslim, dia adalah ibarat buku terbuka, yang kemana saja ia berjalan, maka itu adalah dakwah..."

Memandang Saudaramu

Pandangan termasuk diantara kekuatan tersembunyi dan kekuatan jiwa yang ada pada manusia. Mata aqidah tidak akan bertemu dengan kemarahan atau pelanggaran. Karena ia selalu jujur, stabil dan tidak goyah. Pandangan kasih dan cinta dapat merekatkan hati, dan memperkuat barisan seperti bangunan yang kokoh.

Sebarkan Salam

Mengucapkan salam, baik kepada orang yang anda kenal maupun tidak akan memancarkan rasa tentram, menebarkan rasa kasih sayang dan mengangatkan hubungan. BIla ditinjau dari bunyi lafadznya, salam merupakan panggilan mesra, yaitu berarti damai, rahmat dan barakah. Rasulullah bersabda:

"Kalian tidak masuk syurga, hingga kalian beriman. Dan kalian tidak beriman hingga kalian saling mencintai. Maukah kalian saya tunjukkan suatu amal yang bila dikerjakan, maka kalian akan saling mencintai? sebarkanlah salam diantara kalian."

(Semoga bermanfaat bagi para mujahid dakwah)

No comments: