Wednesday, October 22, 2003

MERINDUKAN MAHATHIR...



Duduk bersama 4 orang wartawan senior Indonesia, seorang pemimpin Asia yang kharismatik Mahathir Muhammad. Acara Topik Mahathir menjawab yang tayang siang tadi di TV7, dipandu Dana Iswara mantan jurnalis RCTI. Beda dengan acara talkshow yang biasa aku tonton, talkshow kali ini agak berbeda, lebih santai, mirip bincang-bincang kafenya om Wimar tempoe doeloe.

Wartawan-wartawan senior yang bertanya dalam bahasa Indonesia dijawab dengan lugas dalam bahasa Melayu, sehingga kadang kita harus berfikir dahulu untuk memahami jawabannya. Sosok Mahathir digolongkan sebagai pemimpin kedua terkuat di Asia, yang pidato-pidatonya kadang membuat gerah pemimpin2 Barat, macam Bush Junior, Blair dan Howard. Dibanding pemimpin Asia lainnya cuma dia satu-satunya yang berani mengutuk keras tindakan Amerika saat menginvasi Irak. Dia pula yang berhasil menggembalikan negaranya dalam kondisi yang lebih baik setelah diterjang krisis moneter. Dan ia juga bukan orang yang gila pada kekuasaan, meskipun banyak langkah-langkah yang diambilnya kontroversional.

Terlepas berbagai penilaian tentang beliau, pada kenyataanya kita bisa lihat bagaimana Malaysia selama kepemimpinannya. Dan aku hanya akan mengingat pesan sederhananya yang mengatakan "you must try...even if you think you'll fail...".

(Selamat Tinggal Pak Mahathir...)

No comments: