Sunday, November 02, 2003

SEJAUH MANA AMALANKU HARI INI...



Sudah seminggu Ramadhan berjalan. Syaumku belum terkalahkan, tarawehkupun tetap jalan, meskipun hanya satu hari yang paling berkesan, yaitu saat taraweh di Al-Hikmah pada Ramadhan kedua. Lantunan ayat-ayat sang Imam membuatku bergetar, meskipun yang kumengerti hanya kata-kata seperti hisab, huthomah dan qoriah. Jadi teringat gunungan dosa yang sudah keperbuat selama ini.

Tilawahku masih melanjutkan yang kemarin, masuk juz 26. Kata Ratu Bidadari, minimal Ramadhan harus selesai 1 juz, siap Ratu! akan aku usahakan. Infaq, masih rada pelit, apalagi kalau harus memberikan pada anak-anak muda dimikrolet, yang hanya meminta-minta sambil memaksa, katanya untuk berbuka.

Muamalahku, masih kurang bagus, masih pelit senyum dengan sesama, masih ragu menyapa dan memberikan salam. Aku juga masih sering mengecewakan banyak orang. Lailku, masih harus diperbaiki, hanya tiga kali dalam seminggu, dan semuanya belum dijalankan dengan kesungguhan, sekedar ritualitas pesanan Ratu Bidadari, target yang harus dipenuhi. Ilmuku, belum bertambah, belum satu bukupun yang sempat dibaca, meskipun tak pernah ketinggalan melihat dunia melalui Sabili dan Ummi.

Hari ini, pertama dibulan Ramadhan, kuhabiskan malam dikantor. Mudah-mudahan Allah tetap berikan kekuatan untuk jalani Ramadhan esok hari. Mudah-mudahan Allah masih panjangkan usia, untuk jalani Ramadhan dengan lebih bermakna...

(Sekedar untuk mutabaah dan muhasabah)

No comments: