Saturday, November 08, 2003

BELAJAR MASAK...



Friday is my day off!. Agak siangan aku lihat my mom bawa belanjaan banyak banget, ah...sekali-kali terjun kedapur bantuin beliau masak. Jarang-jarang bisa masak bareng my mom, saatnya membuktikan bahwa perempuan sesibuk apapun, kalau diberikan kesempatanpun sesungguhnya ia bisa memasak. Jum'at itu rupanya ada acara buka puasa bersama di kantor my mom, dan beliau kebagian masak sop.

Pertama-tama potongin bakso, sepele. Terus numbuk bumbu, lada plus bawang putih, yang sebelumnya dikupas dari kulitnya, ah gampang...Tapi pas giliran potong bawang merah untuk bikin bawang goreng, air mata bercucuran tiada henti, bukan terharu karena my mom sudah berikan putri sulungnya kepercayaan bantu masak didapur, tapi karena hawa panas yang keluar dari bawang merah itu. Ngak tahan...tapi aku tidak boleh menyerah, dan akhirnya berhasil, bawang merah itu kini sudah berenang bebas dalam minyak goreng panas diatas wajan hitam.

Sementara si bawang berenang, disampingnya wortel, bakso, irisan jagung muda, tomat dan para bumbu sudah mandi bersama dalam jacuzzi yang menggelak-gelegak. Aku tinggalkan sejenak, karena harus ganti baju siap-siap pergi kerumah teman yang tadi pagi sudah janjian. My mom ambil alih, tak berapa lama, sop itu sudah terhidang dimeja makan, menggoda untuk dinikmati.

"Ha...sudah mateng ma..?" .
"Ya udah..."
"Cepet amat..."
"Ya cepet, emangnya gimana..."


Aku cuma tersenyum, Jumat itu aku senang, karena sedikit-sedikit sudah bisa masak. Meskipun masih belajar. Sambil melenggang menuju rumah teman, aku bergumam...ah..masak itu mudah....

(Thanks mom, sudah memberikan kepercayaan untuk menemanimu masak didapur)

No comments: